Pemprov DKI Jakarta: Pentingnya Tata Ruang Paska Pemindahan IKN

Jakarta, 11 Februri 2023, pelakubisnis.com –   Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan sinergi dengan pemerintah pusat terkait proses pemindahan Ibu Kota Negara pada 2024. Rapat Koordinasi (Rakor) dilakukan di Balai Kota Jakarta pada 10/2 bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia terkait pemanfaatan aset negara yang ada di Jakarta usai pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membahas  pentingnya sinergi rencana tata ruang pascapemindahan. “Penting dilakukan sinergi dengan pemerintah pusat (Kementerian Keuangan RI) agar kami bisa mengakomodir (kantor pemerintah pusat) setelah Ibu Kota pindah,” terang Heru.

Sementara Kementerian Keuangan  berperan sebagai pengelola Barang Milik Negara (BMN) akan memutuskan strategi pemanfaatan kantor pemerintahan yang selama ini digunakan sebagai kantor pusat. “Keputusan pemanfaatannya akan seperti apa merupakan kewenangan Kemenkeu. Kita mengharapkan pertumbuhan pembangunan di IKN Nusantara terus berjalan, sementara keberlanjutan perencanaan pembangunan di DKI Jakarta juga berjalan dengan baik,” jelas Heru.

Heru  menjelaskan, dalam pelaksanaannya nanti pihaknya  akan bersinergi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) untuk membahas rencana tata ruang.

Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu RI Rionald Silaban mengatakan, pihaknya meminta dukungan kepada Pemprov DKI Jakarta dalam melakukan valuasi serta optimalisasi aset yang ada di Jakarta sehingga dapat memiliki nilai tertinggi.

“Maka dari itu di dalam pembicaran kami dengan Pj. Gubernur, kami minta dukungan Pemprov DKI Jakarta, sehingga aset itu nanti akan memenuhi kriteria ‘highest dan the best use’. Karena Kemenkeu sebagai pengelola BMN, sedangkan kementerian/lembaga itu adalah pengguna, kami sedang siapkan suatu ‘grand design’ terkait pemanfaatan BMN itu sendiri ” ungkap  Rionald.[]sp