PT Cedefindo Gelar The Future Beauty Talks

Jakarta, 10 Mei 2023, pelakubisnis.com – PT Martha Tilaar Group melalui anak perusahaan PT Cedefindo menghadirkan event “The Future Beauty Talks: The Evolving  Mega Trend of Beauty Industry” untuk membagikan global insight kepada mitra bisnisnya. Acara ini diselenggarakan  dengan menggandeng Venas Consulting, sebuah perusahaan konsultasi pengembangan bisnis kecantikan.

Menurut Presiden Director PT Cedefindo, Kilala, Tilaar, sustainable beauty mendapat perhatian besar  di event kosmetik dunia, seperti in-cosmetics Bangkok  2022, di Barcelona, belum lama ini. Tren sustainable beauty kini sedang gencar di berbagai belahan dunia. Aksi nyata produsen diantaranya pembuatan skincare dengan pendekatan  circular economy. Hal ini pernah dilakukan Martha Tilaar Group  dengan memanfaatkan ampas kopi menjadi scrub.

Lebih lanjut ditambahkan, hemat air mendapat perhatian besar produsen, sehingga  dituntut untuk bisa menghasilkan produk waterless. Selain itu, penggunaan bahan natural dan ketelusuran. Martha Tilaar Group melalui Martha Tilaar Innovation Center (MTIC), pusat riset milik Martha Tilaar Group fokus melakukan riset dan pengembangan bahan baku berasal dari Indonesia selama lebih dari 20 tahun. Kegiatan riset ini didukung oleh Kampoeng Djamoe Organic Martha Tilaar yang fokus pada pengembangan kapasitas  petani dan ketelusuran bahan baku.

Wellness dan wellbeing juga mendapat perhatian cukup besar, di mana tren  yang muncul saat ini adalah produk kecantikan dan perawatan tubuh yang memiliki efek sensorial yang diwujudkan melalui tekstur seperti gel atau foam dengan wangi yang membuat rileks dan membuat mood menjadi lebih baik. Pemilihan warna juga penting seperti warna-warni yang mempengaruhi level dopamine.

Untuk menjwab perubahan radikal gen Z tersebut,  PT Cedefindo  berkomitmen menyediakan layanan yang baik untuk pelaku industri kecantikan baik nasional maupun internasional.

PT Cedefindo memiliki spesialisasi dalam memproduksi dan mengemas produk makeup, decorative, personal care, parfum, aerosol dan produk herbal. Tercatat sebagai top 3 Contract Manufacturing di Indonesia. PT Cedefindo saat  ini sudah memiliki sertifikasi ISO 9001: 2015, ISO 14001:2015, ISO 45001: 2018 Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, ISO GMP 22716,  Sistem Jaminan Halal (SJH) Grade A dan telah menerapkan Ethica Trading Initiative (ETI) base code dan menjaga pelaksanaan  melalui audit SMETA. Didukung dengan manufacturing berstandar internasional, ekspor produksi dari PT Cedefindo  telah menembus ke-11 negara di Asia dan Amerika Latin.

PT Cedefindo memiliki tim expert yang bisa memberkan insight  dan advice  terkait tren produk, desain, packaging maupun formula. Produk-produk yang dibuat oleh PT Cedefindo telah melalui uji efikasi dan safety baik di MTIC maupun laboratorium independen terakreditasi.

Sama seperti induk usahanya, yaitu PT Martina Berto Tbk, produk-produk yang dibuat di PT Cedefindo diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan yang sumbernya dapat dipercaya, dapat ditelusuri secara etis, serta dibuat dengan mempertimbangkan kesehatan manusia dan lingkungan.

MTIC telah mengembangkan dan memproduksi bahan aktif alami yaitu plantasens Berto yang menggunakan hasil sumber daya alam Indonesia, baik untuk kebutuhan internal maupun untuk ekspor. Ini adalah upaya  mengurangi ketergantungan pada bahan baku impor karena hampir 35 persen bahan baku yang digunakan untuk produksi kosmetik di dalam negeri merupakan bahan baku impor. Untuk ekspor, pendistribusiannya dibantu oleh Clariant, perusahaan kimia khusus terkemuka di dunia.

Kilala Tilaar, yang juga sebagai CEO Martha Tilaar Group berharap Future Beauty Talks kali ini dapat memberikan inspirasi kepada beautypreneur untuk berakselerasi dengan tren global saat ini. Kehadiran PT Cedefindo diharapkan bisa memperkuat Industri kecantikan lokal. Semoga dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.[]sr