Ketika Perawatan Kecantikan Menjadi Tren

Kalau dulu memermak wajah  adalah sesuatu yang tabu. Tapi jaman now, orang justru dengan bangga mengungkapkan. Karena perawatan kecantikan saat ini sangat  identik dengan prestige dan klinik kecantikan pun dikemas menjadi bagian dari gaya hidup.

Selamat Pagi Ibu,

Mengingatkan besok jadwalnya kontrol

Mohon konfirmasi untuk kedatangannya. Terimakasih

Klinik X

Demikian isi pesan klinik-klinik kecantikan yang sudah seperti asisten pribadi yang selalu mengingatkan kita untuk waktunya melakukan perawatan tubuh dan wajah.

Seiring dengan pertumbuhan pendapatan masyarakat kelas menengah ke atas di Indonesia, kini   bisnis klinik-klinik  kecantikan di tanah air  kian  bertumbuh dari tahun ke tahun.  Mengutip Regenesis.co.id,  berdasarkan data  Badan Pusat Statistik (BPS) pendapatan rata-rata masyarakat Indonesia mencapai Rp56 juta atau US$3.927 per tahun. Dengan besaran pendapatan perkapita tersebut, Indonesia berdasarkan kategori Bank Dunia masuk dalam kelompok pendapatan menengah ke atas.

Tak pelak, trend belanja masyarakat pun bergeser dengan meningkatnya pendapatan masyarakat di tanah air. Belanja kebutuhan pokok atau retail tidak lagi menjadi hal yang utama, namun leasure  justru menjadi  pengeluaran yang paling besar dikeluarkan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Bisnis kecantikan menjadi salah satu industri yang bertumbuh dengan bergesernya gaya belanja masyarakat Indonesia. Hal ini menjadi peluang bisnis yang menarik dan semakin diminati para dokter dan pebisnis lokal maupun internasional.

Foto: Kamini.id

Klinik kecantikan kini  merambah hingga ke kota-kota kecil. Hal ini ditandai dengan banyaknya usaha klinik kecantikan seperti salon, SPA, toko online kosmetik dan reseller produk kecantikan. Selain itu juga didukung dengan meningkatnya kemampuan belanja masyarakat Indonesia dan kesadaran akan pentingnya merawat wajah dan tubuh untuk menjaga kecantikan. Berbagai alat injectables (benang, filler dan sebagainya), Skincare, SPA dan alat (Laser & Non-laser) marak beredar di tanah air sebagai penunjang klinik perawatan kecantikan.

Bisnis klinik kecantikan pun kian menjamur. Dari penelusuran yang dilakukan pelakubisnis.com untuk wilayah Bekasi dan sekitarnya saja,  jumlah gerai klinik kecantikan mencapai lebih dari 150 titik. Bayangkan, bila kita  hitung lebih luas ke wilayah Jabodetabek dan nasional?

Foto: konsultanbisnis.id

Belasan  tahun lalu orang masih begitu mudah merekomendasikan klinik-klinik kecantikan mana yang terbaik saat itu. Ada yang menyebut Erha Clinic, Natasha Skincare, Larissa Aesthetic Center atau Estetiderma. Tapi sekarang, rekomendasi bergeser lebih luas dan beberapa nama pemain lama tadi tetap eksis bahkan beberapa diantaranya semakin luas wilayah cengkramannya. Ada juga seperti Klinik Dermapro yang belakangan ini viral sebagai klinik kecantikannya para artis yang membuat sebagian masyarakat enggan berkunjung.

Sebenarnya ada empat faktor mendasar yang membuat seseorang datang ke klinik kecantikan saat ini. Hampir  rata-rata ekspektasinya sama, yakni dapat  berkonsultasi langsung dengan dokter kecantikan. Kedua, kualitas produknya sudah teruji. Ketiga, Medical Peeling yang dilakukan langsung oleh dokter dan keempat, harga yang terjangkau.

Di Bekasi terdapat klinik yang lumayan lengkap layanannya. Salah satunya di Klinik Ratna Skin Care and Beauty Clinic yang memiliki 3 serfis unggulan. Yakni memberikan cream-cream hasil racikan yang bermanfaat untuk mengatasi keluhan wajah seperti kusam, jerawat dan bekas jerawat. Ada hal-hal yang menguntungkan  mereka yang alergi, hiperpigmentasi karena penuaan dini dan lain sebagainya. Untuk itu dibangun lembaga jaminannya adalah bagaimana klinik-klinik tersebut dapat memberikan standar medis yang jelas dan berguna untuk jangka panjang dimana semua prosedur dikerjakan oleh dokter professional dan berpengalaman sehingga pasien tak perlu merasa khawatir lagi.

Foto: Alagraph.com

Serfis lainnya adalah chemical/medical peeling. Kendati bisa saja terjadi efek pengelupasan tapi cara ini dapat menstimulasi sel-sel kulit baru yang lebih sehat dan dapat meningkatkan kolagen dan elastin. Dalam frekuensi tertentu peeling dapat membuat kulit lebih sehat dan awet muda.

Di klinik kecantikan juga biasanya dilengkapi dengan layanan bedah estetik untuk menyempurnakan bentuk tubuh dan tampilan wajah melalui beberapa metode seperti Rhinoplasty (mengoreksi cuping, mengoreksi hidung agar lebih tinggi dan lancip), Blepharoplasty untuk memperbaiki kelopak mata, membentuk lipatan kelopak mata yang kurang dalam, menghilangkan kerutan/kelebihan kulit pada kelopak mata dan menghilangkan kantong mata serta mengencangkan kulit. Lalu ada metode Ultra Selective Body Contouring (USBC) yang dapat membentuk  wajah seperti dagu, leher, lengan, punggung, perut dan sebagainya. Konon kabarnya, cara Aeshetic Surgery ini hasilnya lebih permanen dan tahan lama.

Untuk kebutuhan perawatan kecantikan, anti aging termasuk keluhan yang paling banyak muncul dari konsumen. Tak ayal, sejumlah layanan dan treatment yang terkait dengan penuaan dini kini semkain banyak diminati.

Cara mengatasinya bisa dengan tiga cara, salah satunya melalui metode  Dermapen (Microneedling) yakni prosedur  sederhana yang menggunakan alat yang dikontrol dengan tangan dengan jarum kecil dangkal untuk menusuk lapisan luar kulit Anda untuk menciptakan luka kulit yang terkontrol. Kerusakan pada kulit ini akan merangsang tubuh Anda untuk menghasilkan kolagen dan elastin baru. Kolagen yang baru diproduksi akan meremajakan kulit Anda dengan mengisi garis-garis halus, menghasilkan perbaikan menyeluruh pada tekstur dan kekencangan kulit Anda dengan menghilangkan keriput, bekas luka dan stretch mark yang dapat membuat Anda terlihat lebih muda seiring bertambahnya usia.

Microneedling tidak terbatas pada wajah. Ini dapat digunakan pada banyak bagian tubuh lainnya, seperti lengan, kaki, leher, punggung, tangan dan perut.

Kemudian ada terapi Botulinum Toxin/Botox untuk memudarkan garis-garis kerut pada wajah dan tampak lebih muda. Terapi Botox merupakan salah satu cara yang populer dalam dunia anti-aging yang dapat mengurangi kinerja otot yang berlebihan ketika manusia berekspresi.

Lalu, adapula terapi Intense Pulse Light (IPL) yang dapat memudarkan bintik-bintik dan garis kerut wajah agar tampak lebih awet muda. IPL merupakan cara pengobatan non-invasif dan non-ablatif yang menggunakan cahaya intensitas tinggi untuk memperbaiki penampilan dari masalah seperti bintik-bintik hitam tanda usia, garis wajah dan keriput, penghapusan rambut hitam yang muncul di wajah.

Pada perawatan wajah pun, saat ini setiap klinik dilengkapi dengan layanan facial, radio frequency yang akrab kita sebut  setrika wajah terutama digunakan untuk mengobati kerutan di kulit dengan pengencangan wajah, dan paling cocok untuk pasien dengan jaringan wajah yang kendur ringan sampai sedang, biasanya pada usia pertengahan 30-an hingga 50-an, dengan berbagai warna kulit.

Kemudian ada perawatan dengan Microdermabrasi.Yakni membuang sel kulit mati yang dilakukan secara rutin dan bermanfaat  menggunakan mikrodermabrator yang memiliki bagian applicator yang dilapisi berlian.  Pengangkatan sel kulit mati yang dilakukan secara rutin dapat bermanfaat untuk memberi efek pencerahan dan membuat kulit terasa halus serta membantu agar peresapan krim perawatan menjadi lebih maksimal tertentu.

Adapula  tindakan Peeling Rejuve yang dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus merangsang regenerasi kulit dengan menggunakan bahan kimia tertentu dengan dosis tertentu yang aman dan efektif bagi  kulit.  Sangat bermanfaat untuk pencerahan kulit wajah dan mengurangi masalah hiperpigmentasi pada kulit. Juga sangat efektif untuk merangsang regenerasi kulit sehingga bermanfaat untuk mengurangi keriput pada kulit.

Banyak jenis perawatan  dan layanan  yang ditawarkan klinik-klinik kecantikan yang beredar di tanah air. Semua menawarkan solusi perawatan kecantikan dengan hasil prima. Segala kegiatan promosi dan komunikasi dimaksimalkan untuk menarik perhatian pelanggan. Salah satunya dengan kampanye tematik seperti jelang Hari Raya Imlek misalnya membuat pohon ampow yang berisi voucher diskon. Cara ini ternyata cukup menarik perhatian.[]Siti Ruslina