Teknologi Virtual Try-On Gratis dari Perfect Corp Untuk Beauty Brand Indie

Dengan misi Empowering Diversity in Beauty, Perfect Corp meluncurkan program teknologi virtual try-on yang diperuntukkan bagi beauty brand . Teknologi yang digagas kaum perempuan ini berbasis kecerdasan buatan dan augmented reality (AR).   

Tak dipungkiri,  kehadiran para beautypreneur membawa pengaruh besar bagi pertumbuhan industri kosmetik di tanah air. Betapa tidak, perilaku konsumen berubah selama kurang lebih 8 tahun terakhir ketika satu per satu dari kalangan public figure terjun ke bisnis kosmetik. Bak jamur di musim hujan tiba-tiba terbentuk pasar kosmetik yang mulai bergeser mencari produk buatan dalam negeri yang tak kalah berkualitas dengan brand kosmetik dunia. Generasi muda sekarang tak seperti generasi sebelumnya yang sempat berkiblat kepada produk-produk kosmetik global. Para anak muda yang memiliki minat di dunia bisnis pun mulai mencari peluang di industri kosmetik tanah air dan berani terjun meski dengan pengalaman dan ilmu yang masih sedikit soal bisnis kosmetik.

Melihat peluang ini Perfect Corp NYSE: PERF), penyedia solusi teknologi kecantikan dan fashion terkemuka berbasis kecerdasan buatan (AI) dan augmented reality (AR),  pertengahan Mei lalu meluncurkan program untuk beauty brand indie dan pemula yang berupaya meningkatkan interaksi konsumen melalui teknologi AR. Program bertajuk “The Small Business Beauty Tech Accelerator” ini memberikan akses self-service virtual try-on warna kosmetik secara gratis hingga enam bulan kepada pengusaha beauty brand dari kalangan wanita atau minoritas, terhitung bulan Juni 2023.

Fitur virtual try-on semakin populer digunakan berbagai brand kecantikan hingga fashion untuk menghadirkan pengalaman baru yang menarik dan personal bagi para konsumen. Teknologi AR unggulan dari Perfect Corp. telah berhasil membantu lebih dari 500 brands di seluruh dunia sejak perusahaan tersebut didirikan pada 2015. Banyak di antaranya melaporkan peningkatan konversi penjualan hingga 2.5  kali lipat, Average Order Value (AOV) naik 40 persen, dan penurunan angka pengembalian produk yang signifikan. 

Perfect Corp yang dipimpin oleh CEO dan Founder Alice Chang berkomitmen untuk berkontribusi dan mendukung pertumbuhan industri kecantikan. Berfokus pada bisnis milik wanita dan minoritas. Perusahaan multinasional ini  membekali brand kecantikan masa depan dengan tools penting untuk mencapai potensi maksimal yaitu teknologi self-service AR makeup virtual try-on. Sebanyak 100 bisnis terpilih dari berbagai negara, termasuk Indonesia, akan mendapatkan fitur ini secara gratis.

Dalam hal ini Perfect Corp melalui program untuk UKM (usaha kecil menengah-red) memiliki misi mendemokratisasi akses AI, AR, dan teknologi digital yang inovatif di lingkup ritel, serta memberdayakan brand kecantikan pemula. Tools tersebut akan meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan sehingga terasa personal, engaging dan pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan penjualan.

Self-service AR makeup virtual try-on berbasis website dari Perfect Corp memungkinkan brand untuk mendigitalisasi pengalaman mencoba tujuh kategori produk termasuk foundation, mascara, lip color, blush, eyelashes, eyeliner, dan eyeshadow. Pelanggan dapat mencoba dan bereksperimen dengan produk kecantikan secara virtual untuk menemukan warna yang paling cocok. Hal ini terbukti meningkatkan kepuasan pelanggan dan minat beli dan teknologi ini semakin memiliki peran krusial dalam beberapa tahun terakhir di industri kecantikan.

Dalam hal ini Perfect Corp turut mendorong demokratisasi inovasi digital AR di Beauty Retail. “Teknologi AR dan AI menjadi alat penting untuk berinteraksi dengan konsumen dan menghadirkan pengalaman berbelanja yang personal, misi kami adalah mendemokratisasi akses atas inovasi digital yang transformatif ini sehingga dapat memberdayakan bisnis dari berbagai skala,” kata CEO dan Founder Perfect Corp. Alice Chang, “Dengan solusi termutakhir ini, brand dapat merevolusi pengalaman konsumen melalui personalized beauty bagi semua, dan membuka peluang baru untuk berkembang.”

Perfect Corp merupakan penyedia solusi teknologi kecantikan dan fashion terkemuka berbasis SaaS AI dan AR. Perusahaan ini mendedikasikan diri untuk merevolusi pengalaman berbelanja konsumen dengan membantu brand untuk terlibat dalam dunia digital.  Bermitra dengan nama-nama besar di industri kosmetik, salah satunya dengan PT Paragon, produsen produk kosmentik Wardah, berbagai produk bisnis dari Perfect Corp telah menghadirkan pengalaman sinergis berbasis teknologi yang memfasilitasi perjalanan belanja yang berkelanjutan, ekstra personal, dan menarik. Perusahaan multinasional ini  menawarkan sejumlah aplikasi seluler, termasuk YouCam Makeup dan YouCam Perfect, yang menjadi platform bagi konsumen untuk mencoba produk baru secara virtual, melakukan diagnosis kulit, mengedit foto, dan saling berbagi pengalaman dengan komunitas YouCam.[]Siti Ruslina