Rekind – LEN Tandatangani MoU Melalui RFID Logistics System

Bandung, 26 Januari 2019, pelakubisnis.com – PT Rekayasa Industri (Rekind) perusahaan EPCC (Engineering, Procurement, Construction, Commisioning) Nasional menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan PT Len Industri (Persero). Diantara  kerjasama itu adalah pengembangan dan pemanfaatan Radio Frequency Identification (RFID) Logistics System dan Pengembangan Sistem lnformasi untuk Industri EPCC.

Penandatanganan naskah kerjasama ini dlilakukan Direktur Utama Rekind Yanuar Budinorman dan Direktur Utama Len Industri Ir. Zakky Gamal Yasin, MM, di Kantor Pusat Len Industri di Bandung Jawa Barat, pada 25/1.

“MelaluI kerjasama ini akan lebih mengefisiesikan tugas-tugas yang diemban Rekind. Kami yakin kepercayaan konsumen akan jauh lebirh besar, karena Rekind mampu menunjukkan konsistensi dan komitmen kerjanya lebih baik lagi, terutama setelah kemampuan yang kami miliki terintegrasi dengan kemampuan yang dimiliki Len Industri. Apa yang kami lakukan hari ini juga menunjukkan semakin kuatnya sinergitas yang dibangun BUMN, terutama dalam melaksanakan pekerjaan sebagai salah satu pilar penopang ekonomi pembangunan bangsa,” tegas Dirut Rekind Yanuar Budinorman.

RFID adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut transporder RFID untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh.

Kelebihan sistem ini  mampu meminimalisir segala penyimpangan, meningkatkan efektifitas dari segi waktu dan SDM, memudahkan proses monitoring dan tracking. Selain itu memiliki database akurat dan memberikan satu sistem menajemen informasi yang dapat diakses setiap saat melalui fasilitas web-base.

Dalam kerjasama ini, memang peran yang paling menonjol adalah membangun sinergitas melalui kerjasama kompetensi antara Rekind dengan Len Industri, khususnya dalam pengembangan dan Pemanfaatan RFID Logistics System serta Pengembangan Sistem lnformasi. Produk terbarukan ini digunakan untuk melakukan kontrol lebih intesif, terutama dalam pengawasan aktifitas keluar masuknya equipments dan materiaI-material minyak dan gas (Migas) serta energi melalui berbagai proyek yang dipercayakan kepada Rekind.

“Selain meningkatkan kinerja, kami yakini sinergitas ini mampu memberikan nilai tambah, khususnya dalam meningkatkan efisiensi, baik itu dari sisi biaya maupun waktu kerja yang telah disepakati,” lanjut Yanuar. []Jo/sumber: jabarprov.go.id