Cadangan Devisa Februari 2019 Meningkat

Jakarta, 8 Maret 2019, pelakubisnis.com – Posisi cadangan devisa Indonesia tercatat USD123,3 miliar pada akhir Februari 2019, meningkat dibandingkan dengan USD120,1 miliar pada akhir Januari 2019. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,9 bulan impor atau 6,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Demikian rilis yang disampaikan Direktur Departemen Komunikasi, Bank Indonesia (BI), Junanto Herdiawan, pada 8/3 yang dikutip dari laman resmi BI.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Peningkatan cadangan devisa pada Februari 2019 terutama dipengaruhi oleh penerbitan sukuk global pemerintah, penerimaan devisa migas, dan penerimaan valas lainnya. Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik, serta kinerja ekspor yang tetap positif.[] sp