Hari ini Bus Bandara di Citra Raya Tangerang Beroperasi

Tangerang, 4 Maret 2019, pelakubisnis.com  – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak developer perumahan memfasilitasi sarana angkutan massal bagi warganya untuk mengurangi tingkat kemacetan di perkotaan. Penyediaan angkutan massal seperti bus diharapkan dapat menurunkan penggunaan kendaraan pribadi hingga 60 persen pada tahun 2024.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat peluncuran pengoperasian Bus Bandara Jabodetabek Airport Connexion (JA Connexion) rute Citra Raya-Bandara Soekarno Hatta, di Tangerang, pada 3/2.

Budi mengatakan,  penggunaan transportasi umum merupakan keniscayaan bagi masyarakat. ” Warga Citra Raya Tangerang kalau mau ke Bandara yang biasanya menggunakan mobil pribadi, sekarang bisa memakai bus. Satu bus bisa melayani hingga 50 penumpang. Selain mengurangi kemacetan juga ramah lingkungan, “kata  Budi.

Lebih lanjut ditambahkan, juga mendorong pengembang perumahan swasta lain dapat berperan dalam menyediakan angkutan umum massal lainnya bagi kebutuhan warga perumahan. “Saya mengapresiasi peran Citra Raya dalam menyediakan kebutuhan transportasi umum bagi warga dan membantu pemerintah mewujudkan program naik kendaraan umum,” ungkapnya.

Ia juga mendorong agar Perum DAMRI bisa mempromosikan angkutan yang baru diluncurkan tersebut dengan tur gratis ke Bandara pada periode tertentu.

Senada dengan Menhub, Dirut Perum DAMRI Setia Milatia Moemin mengatakan, dengan peluncuran JA Connexion di Citra Raya ini diharapkan dapat membantu memindahkan beban penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi umum. “Selain itu, penggunaan transportasi umum dapat mengurangi efek rumah kaca dan menurunkan tingkat polusi,” tambah Milatia. Ia juga mengatakan bus JA Connexion yang diluncurkan memiliki fasilitas premium sehingga penumpang dapat merasa nyaman menggunakan angkutan umum.

Sebanyak 8 armada bus JA Connexion rute Citra Raya Tangerang- Bandara Soekarno Hatta (PP) akan beroperasi mulai pukul 03.00-23.00 WIB setiap hari. Bus tersebut mulai melayani pada Senin, 4 Maret 2019 dengan tarif Rp. 40.000. Keberadaan bus JA Connexion tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke transportasi umum dan melayani warga Citra Raya Tangerang dan sekitarnya menuju Bandara Soekarno Hatta.

Turut hadir dalam peluncuran tersebut Budi Setyadi (Dirjen Perhubungan Darat), Bambang Prihartono (Kepala BPTJ), Milatia Moe’min (Direktur Utama Perum DAMRI), Budiarsa Sastrawinata (Pesident Director PT. Ciputra Residence). [] AH/RDL/CA/HA/Dephub