Pasar Ditutup Positif, IHSG Sepekan Meningkat 1,41 Persen

Jakarta, 19 Oktober 2019, pelakubisnis.com –  PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pekan ini ditutup positif.  Hal tersebut dapat dilihat dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan ini yang mengalami peningkatan sebesar 1,41 persen menjadi 6,191.947 dari 6,105.800 pada penutupan pekan lalu.

Mengikuti jejak IHSG, nilai kapitalisasi pasar juga mengalami peningkatan sebesar 1,44 persen menjadi sebesar Rp7.119,477 triliun dari Rp7.018,609 triliun pada penutupan pekan sebelumnya.

Data rata-rata transaksi BEI juga mengalami peningkatan pergerakan data. Peningkatan tertinggi terdapat pada rata-rata frekuensi transaksi yang mencatatkan peningkatan sebesar 14,46 persen menjadi sebanyak 534,357 kali transaksi dari 466,851 ribu kali transaksi pada penutupan pekan sebelumnya.

Selanjutnya untuk rata-rata nilai transaksi mencatatkan peningkatan sebesar 14,33 persen menjadi Rp9,040 triliun dari Rp7,906 triliun pada penutupan pekan lalu. Rata-rata volume transaksi juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 6,12 persen menjadi 15,680 miliar unit saham dari 14,776 miliar unit saham selama pekan lalu.

Sepanjang tahun 2019, investor asing masih mencatatkan beli bersih sebesar Rp49,328 triliun dan investor asing pada hari ini mencatatkan jual bersih sebesar Rp338,58 miliar.

BEI terus berupaya untuk melakukan edukasi dan literasi pasar modal guna meningkatkan jumlah investor pasar modal di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memperluas jangkauan dari Galeri Investasi BEI (GI BEI) yang berada di seluruh wilayah di Indonesia.

Pada pekan ini BEI meresmikan GI BEI di beberapa daerah di Indonesia, pada Senin (14/10) BEI melalui Kantor Perwakilan BEI Jawa Tengah I bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal meresmikan 3 (tiga) GI BEI di lokasi kampus yang berbeda, dimulai dengan peresmian GI BEI di Universitas Peradaban yang berada di Kota Tegal merupakan kerja sama dengan PT Phintraco Sekuritas dan masih pada hari yang sama juga diresmikan GI BEI Politeknik Harapan Bersama Tegal, kerja sama dengan PT Philip Sekuritas Indonesia. Dilanjutkan pada keesokan harinya Selasa (15/10) GI BEI di Universitas Muhadi Setiabudi yang berlokasi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah merupakan GI BEI yang bekerjasama dengan PT Phintraco Sekuritas. Berpindah ke Nusa Tenggara Barat, pada Rabu (16/10) BEI melalui Kantor Perwakilan BEI Nusa Tenggara Barat kerja sama dengan PT Kresna Sekuritas dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima (STIE Bima) meresmikan GI BEI STIE Bima yang ditandai dengan penandatanganan Piagam Kerja Sama oleh pihak-pihak terkait. GI BEI STIE Bima menjadi Galeri Investasi ke-7 di Nusa Tenggara Barat.

Pada pekan ini BEI kedatangan Perusahaan Tercatat ke-41 di tahun 2019, adalah PT Itama Ranoraya dengan kode saham IRRA resmi melantai di bursa. IRRA bergerak pada sektor Trade, Services & Investment dan Subsektor Wholesale (Durable & Non-Durable Goods).

Seremoni Pembukaan Perdagangan BEI pada Senin (14/10) dibuka oleh United Nations Development Program (UNDP) Indonesia dalam rangka International Day for the Eradication of Poverty dan pada akhir pekan, tepatnya Jumat (18/10). Pembukaan Perdagangan BEI dibuka dalam rangka Pencatatan Perdana Reksa Dana Berbentuk KIK Reksa Dana Avrist ETF Fixed Rate Bond I dengan kode XAFA resmi diperdagangkan di bursa. XAFA merupakan Exchange Traded Fund (ETF) ke-10 yang tercatat di BEI pada tahun 2019.[] sp