Sensasi Fantasi Snow World

Turun salju di Indonesia? Seperti di Eropa ketika musim dingin tiba? Bisa merasakan hujan salju, bermain Ski,  sledding race dan membuat boneka salju? Ya! Cerita itu benar!

Trans Snow World (Foto:pelakubisnis.com)

Dengan menggunakan teknik snow ice yang dibuat dengan mesin khusus  yang didatangkan dari Jerman,  Trans Corp menghadirkan objek wisata indoor Trans Snow World  (TSW)  seluas 3078 meter persegi  di area Superblock Transpark Mall Juanda Bekasi.

Latarbelakang kelompok bisnis yang dibangun Chairul Tanjung ini menghadirkan TSW  tak lain karena  melihat makin banyaknya warga Indonesia yang sering bepergian ke luar negeri dan memilih destinasi wisata ke negara-negara beriklim dingin seperti Jepang, Turki, dan negara-negara Eropa  lainnya. Fenomena ini menginspirasi Trans Corp  membuka Theme Park bertema salju dengan mengambil konsep  sensasi  atmosfir  Pegunungan Alpen, Swiss.

Atmosfir salju terasa ketika memasuki arena permainan (Foto: pelakubisnis.com)

Sebelum memasuki area  Theme Park TSW, terlebih dulu kita datang ke loket penjualan tiket, bila Anda telah membeli tiket secara online, anda bisa langsung masuk ke area Lending Shoes, tempat dimana kita mengganti alas kaki dengan sepatu boot. Di tempat ini kita akan temui suasana beratmosfir seperti di negara Swiss, seperti  ada atribut  sapi merah dengan palang putih yang merupakan logo bendera Swiss yang cukup menarik perhatian anak-anak.  Lending Shoes  merupakan ruangan pertama yang ditemui pengunjung  untuk mendapatkan fasilitas peminjaman sepatu boot secara free dan mendapatkan kaos kaki free yang dapat dibawa pulang sebagai souvenir.

Setelah memakai  pakaian dingin yang sudah kita siapkan dari rumah, plus sepatu boot yang dipinjamkan pihak TSW, kita juga akan  memakai  jam tangan (wristband) yang  diaktifkan selama dua jam yang berfungsi sebagai alarm ketika masa bermain sudah habis.

Sensasi salju pun dimulai ketika kita menyusuri lorong menuju area bermain. Dari sini kita akan menemui panorama beratribut Pegunungan Alpen di musim salju. Setiap sisi bernuansa salju yang membuat kita tak kehabisan gaya untuk berselfie. Di ujung lorong kita akan bertemu  dengan salah satu snow ranger (kru TSW-red) yang bertugas menjadi  ‘tukang potret’ yang siap mengabadikan gaya keren Anda, selfie bersama keluarga di area  Photobooth.

Selfie ria (pelakubisnis.com)

Selanjutnya, kita siap memasuki area Puncak Pegunungan Alpen yang sesekali muncul hujan salju yang membuat kita tercengang karena sadar, kita tinggal di negara tropis yang lumayan panas, tapi sekarang ada teknologi yang memungkinkan kita merasakan seperti apa dinginnya es salju.

Hujan salju buatan mirip seperti di negara-negara Eropa dikemas apik layaknya kita berfantasi berada di puncak Pegunungan Alpen yang eksotis. Area ini menjadi salah satu area yang banyak diminati pengunjung untuk berselfie ria.

Meski bertema salju, namun  suhu di dalam ruangan Trans Snow World (TSW)  hanya berkisar  10 sampai  15 derajat Celsius. Jadi  Anda tak perlu khawatir takut  kedinginan hingga minus derajat Celcius seperti yang terjadi di negara-negara beriklim dingin.

Berbagai wahana tersedia. Ada Zorball yaitu wahana permainan bola besar yang  di dalamnya dapat diisi 2 orang yang akan diseluncurkan dari ketinggian 9 meter dengan panjang 65 meter. Pengalaman seru ini hanya dapat dirasakan di TSW Juanda Bekasi.

Foto: pelakubisnis.com

Fasilitas lainnya adalah Snow Play Area, tempat bermain untuk semua pengunjung agar mereka dapat menikmati  pengalaman seru bermain salju. Kemudian ada Sledding Race, area yang dikhususkan untuk berseluncur dengan menggunakan Snow Sledge Racer.

Sledding Adventure, area berseluncur salju lainnya dengan menggunakan Snow Tube yang menjadikan pengalaman yang tak terlupakan.

Tersedia juga fasilitas kereta gantung (Ski Lift-red) yang dinikmati secara gratis oleh semua pengunjung dan menjadi satu-satunya objek selfie di Indonesia dengan latar belakang suasana seperti di tempat wisata Pegunungan Alpen. Tentu, perjalanannya tak sepanjang  dan tak setinggi Ski Lift di Pegunungan Alpen, namun kita dapat merasakan sensasinya ketika mencoba naik kereta gantung ini.

Ski Lift (Foto: pelakubisnis.com)

Yang tak kalah menarik adalah  tersedianya Ski Course  , kursus singkat bagi pengunjung yang ingin belajar bermain Ski.  Lokasi tempat berlatih Ski sengaja di tempatkan di ketinggian sekitar 10 meter dari lokasi permainan yang lain. Untuk menjangkau area bermain Ski,  ada fasilitas  escalator yang memudahkan kita sampai ke lokasi  Ski Course.  “Ke depannya sedang kami pikirkan untuk membuat  tempat kursus bermain Ski yang lebih professional,”terang Astito Prasadha, Business Manager Trans Snow World Juanda Bekasi.

Selain area bermain, di TSW juga tersedia fasilitas resto dengan harga terjangkau. Ada Swiss  Alps.  café bernuansa pegunungan. Sambil menyantap makanan pengunjung dapat menikmati suasana dinginnya pegunungan Alpen.

Di TSW  juga disediakan klinik di arena salju untuk penanganan pertama apabila ada pengunjung yang cidera.

Lalu, untuk perlengkapan pakaian salju,  di tempat ini ada Snow Store. Disini pengunjung dapat berbelanja pakaian muslim dingin (jaket, topi, sarung tangan dan lain-lain) yang dapat digunakan saat memasuki area snow.

Snow Store (Foto: pelakubisnis.com)

Lalu ada Rental Equipment. Pengunjung dapat menyewa peralatan  yang dapat digunakan untuk bermain di arena salju. Karena bila ingin menjajal beberapa permainan, pengunjung dapat menyewa alat-alat permainan, seperti alat snow tube double harga sewanya Rp 80 ribu, snow tube single Rp 30 ribu, ski Rp 100 ribu, basic slegde Rp 30 ribu, snow scooter Rp 30 ribu, racer sledge for 2 Rp 80 ribu, braker sledge Rp 50 ribu dan zoro ball Rp 50 ribu.

Ada Souvenir Photo. Cinderamata yang dapat dibeli pengunjung sebagai Best Picture Experience yang dapat dibawa pulang.

Diakui Astito, theme park yang dibangun Trans Corp ini mengambil  bencmark dari theme park di Saigon, Dubai dan Thailand. Lalu kenapa di Bekasi? Ia menjawab, “Kami ingin merubah image kota Bekasi yang selama ini dinilai kota industri. Dan yang terpenting, Trans Snow World Juanda Bekasi tidak dapat dibandingkan dengan theme park  indoor lainnya karena saat ini hanya satu-satunya wahana bermain salju terbesar di Indonesia,”.

Sejak dibuka  24 Maret 2019, menurut Astito, animo masyarakat  sangat exciting dan antusias sekali. Dengan daya tampung 1500 orang per sessi, dimana setiap sessi berdurasi 2 jam  dan saat ini tersedia 7 sessi untuk pemesanan tiket via online mulai pukul 9 pagi. Sementara untuk yang membeli  tiket di lokasi TSW, kapan saja bisa  langsung masuk.   “Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan bermain salju dan bermain ski.  Saat ini kami cukup puas dengan jumlah pengunjung yang datang dan bermain di TSW Juanda Bekasi. Untuk me-retain pelanggan agar datang dan bermain ke TSW,  kami terus  berinovasi memberikan layanan entertain yang bervariasi,”tukas Astito kepada pelakubisnis.com.[]Siti Ruslina