Cosplay Menjadi Magnet di Animetoku 2022

Event jejepangan Animetoku kembali hadir tahun ini.  Sejumlah tokoh-tokoh karakter dalam   game Genshin Impact bermunculan  mendominasi  komunitas Cosplayer. Selain kontes Cosplay dan hiburan, area bazaar juga ramai pengunjung bahkan tenant-tenant besar yang menjual produk original mampu meraup penjualan hingga milyaran rupiah.

Animetoku kembali diselenggarakan  pada tanggal 14-23 Januari 2022. Setelah melewati pandemi yang merajalela dalam dua tahun ini, akhirnya event jejepangan  ini kembali  hadir. Tentunya ini menjadi event yang sangat dinanti-nantikan oleh penggemar jejepangan terutama pecinta Anime atau yang biasa disebut wibu  serta penggemar Tokusasu atau yang biasa dikenal sebagai Tokufans.

Kebanyakan wibu atau yang kerap disebut Japanophilia (sebutan untuk orang yang gemar hal-hal yang berbau Jepang-red)  sering kali berdiam diri di rumah.  Bahkan  pada masa pandemic ini orang yang dulu mencibir sosok wibu, kini mulai memutuskan untuk menjadi wibu juga  saking bosannya hanya di dalam  rumah. Hal ini membuat jumlah wibu di Indonesia kian meningkat sehingga event jejepangan seperti Animetoku semakin diminati oleh berbagai kalangan.

Produk Lisensi HSCO! banyak diminati pengunjung di Animetoku 2022/Foto: pelakubisnis.com

Animetoku  merupakan  pameran figure  dan bazaar yang menjual  merchandise jejepangan mulai dari action figure, kaos anime, poster-poster sampai merek berlisensi seperti HSCO!  yang menjual produk-produk Tshirt dan jaket anime Jepang.  

Dan yang tak kalah penting adalah Cosplay.  Setiap event jejepangan anime pasti ada Cosplay. Hal ini yang membuat banyak wibu ingin sekali mengunjungi  event Animetoku. Karena  mereka ingin berfoto dengan Cosplayer. 

Apa yang membuat Cosplay sangat diminati oleh kebanyakan wibu di Indonesia? Para wibu tentunya sering kali menonton anime dan pastinya akan ada beberapa karakter yang mereka kagumi. Namun, mereka hanya bisa ‘menghalu’ lantaran mereka tidak bisa bertemu dengan karakter-karakter ini di dunia nyata.  Hadirnya para Cosplayer,  kini mereka bisa bertemu dengan karakter-karakter yang mereka idolakan itu. Ada keseruan tersendiri bila bisa berfoto bersama karakter-karakter idola  yang selama ini hanya  bisa mereka lihat dalam gambar dua dimensi.

Dalam komunitas wibu terdapat istilah ‘waifu’ dan ‘husbu’. Kedua kata ini ditunjukkan kepada karakter yang sangat diidolakan para wibu bahkan mereka klaim sebagai istri dan suami mereka. Hal ini juga yang membuat Cosplay sangat digemari. Kapan lagi para wibu-wibu ini bisa berfoto dengan para ‘waifu’ dan ‘husbu’ yang mereka cintai. Sementara itu para Cosplayer juga gemar sekali melakukan Cosplay bahkan beberapa dari mereka sampai menjadikan hobbi  ini sebagai pekerjaan tetap mereka.  Mereka senang karena bisa menjadi karakter yang biasa mereka tonton atau mereka mainkan dalam game.

Antusias Cosplayer di Animetoku2022/Foto: pelakubisnis.com

Beberapa Cosplayer di Animetoku lebih condong bercosplay sebagai karakter dari game Genshin Impact. Yap!  Tokoh-tokoh karakter  Genshin Impact bermunculan  mendominasi  komunitas Cosplayer di  event Animetoku 2022.  Genshin Impact,  game yang memenangkan penghargaan sebagai game mobile terbaik selama 2 tahun berturut-turut  itu memang sangat digemari oleh banyak mayoritas wibu di Indonesia sehingga banyak sekali  Cosplayer di Animetoku yang memerankan karakter Genshin Impact.

Selain Genshin Impact, beberapa karakter lain dari berbagai macam Anime juga turut dicosplay-kan oleh beberapa Cosplayer seperti contohnya Saber dari series Fate, Umaru dari seri Himouto Umaru-chan, Rem dan Ram dari seri Re:Zero, dan masih banyak lagi.

Richfield Edbert, Koordinator Acara Animetoku 2022 menjelaskan,  event Animetoku sudah diselenggarakan di Indonesia sejak 2015, sudah cukup familiar di tanah air karena hampir setiap tahun diadakan. Namun berhubung  situasi pandemic,  selama dua tahun acara ini sempat absen.  Sampai akhirnya tahun ini berhasil diselenggarakan di Mall of Indonesia Jakarta (MOI). “Kami sudah membangun komunitas lewat sosial media. Saat ada event  lagi, gembar-gembornya langsung cepat sampai ke masyarakat,”tutur pria yang akrab dengan panggilan Richi ini kepada pelakubisnis.com.

Sebenarnya dari tanggal 14 – 23 Januari 2022 lebih banyak pada kegiatan bazaar, hanya dua hari terakhir diselipkan  acara kontes dan hiburan. “Namun  di luar dugaan kami, pengunjung membludak,”ujar Richi  yang juga seorang Cosplayer ini yang menyebutkan Animetoku 2022 menjadi event terbesar Jepang selama pandemi .

Alhasil, sekitar 5000-6000 pengunjung terlampaui dan  para tenant juga  sukses mencetak penjualan hingga milyaran rupiah, khususnya para tenant yang tergabung dalam koordinasi Media Link, yang menjual merchandise anime original.    Setidaknya ada sekitar 24 tenant yang ikut berpartisipasi di Animetoku 2022.

Riza Satyagraha, Founder & CEO SACCA Production, Event Organizer Animetoku 2022/Foto: pelakubisnis.com

Riza Satyagraha, Founder & CEO SACCA Production menambahkan,  feedback dari para tenant sangat bagus. Penjualan mereka sukses banyak terjadi restock barang, dan hampir semua booth marketplace ramai pengunjung.  “Sudah dua tahun para tenant  gak berjualan secara offline, jadi pas ada momen ini mereka banyak sold out, penjualannya bagus. Jadi ramainya bukan hanya karena ada pengunjung acara Jepang tapi juga banyak buyer yang memang menunggu ada event offline buat hunting barang disini. Mungkin sampai ratusan juta rupiah penjualan mereka sampai,”ungkap Riza. 

Dengan prokes yang ketat dan tak henti-henti petugas keamanan mensosialisasikan untuk selalu menjaga jarak , jangan sampai terjadi kerumunan. “Terutama para pecinta Cosplayer, karena sudah dua tahun mereka tidak tampil di depan umum, tak sedikit pengunjung umum yang memakai pakaian Cosplayer juga, jadi lumayan ramai. Semuanya kita jaga agar acara ini menjadi lancar, aman dan tertib,”.[]Abrar Rizq Ramadhan/Siti Ruslina