Grab Indonesia dan Shopee Dukungan Pahlawan Digital UMKM

Jakarta, 22 September 2020, pelakubisnis.com – Dua perusahaan teknologi digital besar seperti Grab Indonesia dan Shopee berkomitmen mendukung program Pahlawan Digital UMKM.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengucapkan selamat kepada 30 Pahlawan Digital UMKM yang telah terpilih. “Sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan setiap orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital, kami sangat senang bisa menjadi bagian dari program Pahlawan Digital UMKM,” ungkapnya.

Dalam pandangan Neneng, para inovator dalam program ini merupakan harapan dan sumber inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mereka memotori lebih banyak UMKM Indonesia agar terus bertahan dan berkembang. “Melihat kreativitas dan inovasi yang dihadirkan para peserta, kami yakin masa depan UMKM Indonesia bisa lebih cerah dan mereka bisa menikmati manfaat dari ekonomi digital,” ia menambahkan.

Sementara Shopee yang selama ini juga menjadi salah satu rumah digital bagi para UMKM, merasa perlu membantu para inovator muda agar lebih berdaya dan terus bermunculan. “Kami melihat masih banyak ruang gerak yang bisa di-explore oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan individu guna memaksimalkan pemanfaatan digitalisasi UMKM di Indonesia,” ujar Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja.

Handhika menekankan pentingnya kerjasama dan sinergi antar sejumlah pihak dalam mewujudkan inovasi, kreativitas, dan kolaborasi di berbagai bidang. “Dengan begitu, kami yakin bukan hal yang tak mungkin untuk mewujudkan ekosistem yang baik guna mendukung Indonesia menjadi negara yang terdepan di sektor UMKM dan dapat bersaing di ranah internasional,” tandasnya.

Rencananya bootcamp akan berlangsung selama tiga pekan, mulai 23 September- 9 Oktober 2020. Nantinya ke-30 inovator tersebut akan dilatih oleh para mentor dan pengajar berpengalaman dari raksasa digital seperti Facebook, Shopee, Digitaraya, Grab Indonesia, dan Studio Yord. Bahkan tokoh inovator digital kenamaan seperti Fajrin Rasyid yang kini menjabat sebagai Direktur Digital Business PT Telkom, juga termasuk salah satu mentor.

Tema pelatihan seputar product sprint, branding, design, digital marketing, pengelolaan sumber daya manusia (SDM), pengembangan bisnis, hingga bagaimana cara agar inovasi bisa memikat investor atau modal ventura.Dari 30 peserta bootcamp ini akan dipilih 10 pemenang yang akan mendapatkan hadiah dan penghargaan. Selain itu, mereka juga akan menjadi mitra strategis Kementerian Koperasi dan UKM untuk melakukan digitalisasi UMKM.

Sejak diluncurkan pada 15 Agustus 2020, Pahlawan Digital UMKM telah menggelar serangkaian talk showinspiratif tiap pekan. Talk show ini menghadirkan para inovator digital yang telah membantu digitalisasi UMKM seperti Wahyoo, Titipku, Halosis, Studio Yord, dan lain-lain.

Hingga penutupan, sebanyak 126 inovator digital telah mendaftar dalam program Pahlawan Digital UMKM. Mereka umumnya berada di luar Jakarta dan telah memberikan solusi digital bagi pelaku UMKM di berbagai bidang.[]sp