Bank Dunia dan IFC Membantu Banyak Negara Melawan Covid-19

Jakarta, 20 November 2020, pelakubisnis.com  – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi Bank Dunia dan International Finance Corporation (IFC) dalam usahanya membantu negara-negara dalam melawan Covid-19. Kerjasama antar lembaga sangat penting memperkuat posisi sekaligus sebagai pondasi menjadi negara kompetitif, inovatif dan produktif.

“Saya menghargai semua keterlibatan Anda dan berbagai saran dan informasi untuk Indonesia, sehingga kami dapat melakukan hal yang benar dan memilih strategi yang tepat dalam menghadapi situasi seperti saat ini,” kata Menkeu dalam Courtesy Meeting International Finance Corporation (IFC) World Bank Group melalui video conference pada Jumat (20/11).

Ia mengatakan,  pandemi Covid-19 adalah suatu fenomena yang luar biasa dan semua negara di dunia mengalaminya. Pemerintah Indonesia benar-benar memberikan perhatian tersendiri dan menegaskan bagi semua pihak untuk menanggulangi Covid-19 agar benar-benar menjadi prioritas tertinggi. Sebab, mengatasi pandemi ini adalah cara untuk pulih dan bangkit kembali.

“Kami menggunakan semua instrumen yang kami miliki untuk melawan Covid. Jadi dalam situasi ini kami perlu melakukan apa pun untuk memenangkannya. Kita juga akan menggunakan semua sumber daya dari lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah bahkan juga pihak swasta,” jelasnya.

Namun, perhatian pemerintah tidak hanya tercurahkan untuk sekedar melawan Covid, tetapi juga fokus untuk membangun Indonesia yang lebih baik terutama pasca pandemi. Termasuk di dalamnnya kemudahan daya saing dalam melakukan inovasi bisnis.

“Sehingga Indonesia dapat menempatkan diri pada posisi yang tepat baik ketika membuat program pemulihan perekonomian maupun nantinya pada saat menjalankan pemulihan pasca covid dan seterusnya saya pikir ini akan menjadi sangat penting,” pungkas Menkeu. []ip/hpy/nr/sp