Berburu Promo di Ajang Isra Festival 2022

Paket promo yang ditawarkan Tour & Travel Umrah Haji dalam ajang Isra Festival menjadi magnet bagi pengunjung di pameran akhir tahun ini. Sejumlah travel agent menangkap peluang tingginya kaum muslim yang ingin menjalankan ibadah umroh pada Ramadhan dan Haji furoda tahun 2023.

Pameran Isra Festival 2022 ajang berburu promo ibadah umrah/Foto: pelakubisnis.com

Pameran destinasi wisata halal dan religi, Isra Festival 2022  berlangsung cukup ramai di Jakarta Convention Center (JCC), pada 23-25 Desember lalu. Ada 109 booth di area seluas 3000 m2. Pengunjung antusias dengan sejumlah tawaran promo dari sejumlah agen perjalanan wisata umroh dan haji. Mulai dari diskon dan uang muka ringan di kisaran Rp 3-4 juta bila pengunjug memesan pekat perjalan umroh selama pameran berlangsung.

Marco Tour & Travel Umrah Hajj, misalnya, menawarkan promo diskon Rp500 ribu per pax. Perjalanan umroh tak hanya singgah di Jeddah, Mekkah dan Madinah tapi bonus ke Thaif. Di sana  jamaah bisa mencoba naik cable car  (kereta gantung) dan bonus kereta cepat Haramain Highspeed Railway (HHR).  Hampir rata-rata penyelenggara perjalanan umroh dan haji menawarkan added value bonus perjalanan ke Thaif dan naik kereta cepat.

Ada juga seperti Tibi Tours yang menawarkan produk umrah dan haji eksekutif, juga menyediakan service yang terkait dengan kegiatan haji dan umroh dan  juga melayani perjalanan outbound & inbound dengan mengusung tema Destinasi Halal. 

Tak kalah menarik adalah Samsata Tours & Travel,  menawarkan Paket Destinasi Halal ke negara-negara seperti Bangkok, Jepang, hingga perjalanan ke Maroko, Spanyol Portugas selama 16 hari lamanya.  Perjalanan dari Casablanca hingga Marrakech, Dubai, lalu ke beberapa ibukota negara seperti Lisbon dan Madrid hingga ke Barcelona, wisata sambal menelusuri situs-situs  sejarah Islam.

Tidak hanya itu, ada juga yang menggaungkan promo haji furoda. Sebut saja Wafdullah Travel Umrah & Haji,  menawarkan Program Haji Furoda 26 hari dengan diskon (selama pameran-red)  hingga USD 3000 dari harga USD 25000 menjadi USD 22000 (all in) untuk keberangkatan 30 Dhulqodah 1444.

Travel Umrah & Haji Kacapiring menawarkan paket haji furoda dengan private jet/Foto: pelakubisnis.com

Lain lagi strategi  Kotapiring Tour & Travel yang membidik pasar kelas atas dengan menawarkan Program  Haji Furoda VVIP menggunakan transfortasi private jet, eksklusif hanya untuk 10 pax dengan harga kurang lebih setara dengan  Rp1,5 milyar. Perusahaan travel and tour ini juga menawarkan Paket Umroh Private 9 Hari 1444H. Dimana jamaah bisa berangkat dalam jumlah sedikit dengan  itinenary bisa disesuaikan dengan keinginan jamaah. Untuk paket private ini, Kotapiring menjual dengan harga mulai Rp36,7 juta hingga Rp50 jutaan per pax.

Menurut VP Sales & Marketing General Sales Agent Saudia, Herry Setiawan, pameran Isra Festival menjadi sarana bagi ritel-ritel agent menawarkan produk-produk terbaiknya.”Saya appreciate cara Himpuh ambil inisiatif untuk bikin exhibition. Karena seperti nusuk.sa bisa online, turis visa bisa dipakai melakukan perjalanan umroh tak hanya di sekitar Mekkah dan Madinah tapi juga bisa melakukan perjalanan ke wilayah lain di Saudi Arabia seperti ke Thaif , Riyadh, semua bisa. Itu kelebihan turis visa. Segmen marketnya masih besar sekali, ”tuturnya.

Herry menambahkan, pasar umroh di Indonesia masih didominasi segmen grup (rombongan-red)  sekitar 70%, sisanya 30% mulai masuk ke segmen individu. “Segmen yang 70% ini masih menjadi peluang bagi teman-teman penyelenggara umrah,” terangnya serius.

Menurut Ketua Umum Himpuh (Himpunan Penyelenggara Umroh dan Haji), Budi Darmawan, sampai saat  orang Indonesia, dari daerah khususnya dan apalagi segmen pasar lansia masih lebih suka ke tanah suci bersama rombongan yang membutuhkan jasa penyelenggara haji dan umrah yang terpercaya.

Sementara Sekjen  Himpuh, M. Firman Taufik mengatakan, pasar perjalanan ibadah umroh pada  Ramadhan yang meningkat. Setelah itu masuk  segmen pasar haji. Yang menarik adalah penawaran  haji furoda. Haji furoda ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat. Di Isra Festival ini ada acara-acara edukasi tentang Haji Furoda. Anda tak perlu menunggu bertahun-tahun untuk menunaikan ibadah haji. Paket Haji Furoda merupakan salah solusi untuk berangkat haji dengan cepat.

Himpuh membuka booth di  Isra Festival 2022 bisa menanyakan langsung tentang haji Furoda, misalnya, atau ibadah umroh maupun haji plus. “Kami juga selama pameran memperkenalkan platform digital Himpuh. Travel haji dan umroh apa saja yang menjadi anggota Himpuh dan paket-paket apa yang ditawarkan. Pengunjung dapat mengetes platform digital Himpuh,” jelas Firman.

Ubay Ihsandi, Vice President Umroh, Hajj & Charter Business PT Garuda Indonesia Tbk  menambah kapasitas layanan kepada jamaah untuk lebih nyaman. Kalau saat ini penerbangan Garuda Indonesia ke  dan dari  Saudi Arabia 3 kali sehari, tahun depan diharapkan meningkat 5 kali sehari. Baik dari Surabaya, Ujung Pandang, dan sebagainya. Dengan harapan jamaah Indonesia dari daerah seperti Surabaya, Ujung Pandang, dan lain-lain tak lagi transit ke Jakarta melainkan langsung dari bandara di daerah-daerah tersebut.

 “’Diharapkan tidak ada kenaikan harga yang cukup signifikan karena faktor penentunya seperti harga fuel , kurs nilai tukar di Arab Saudi maupun di Indonesia, dan mudah-mudahan kita bisa push lakukan efisiensi sehingga seat bisa lebih banyak terjual dan harga jual bisa lebih kompetitif,”tuturnya.

Menurut Ubay, saat ini menjadi pekerjaan rumah para penyelenggara umrah dan haji untuk meningkatkan kredibilitas agar bisa terus eksis di industri tour and travel.

Di  booth  Garuda Indonesia banyak memberikan promo seperti beli 45 seat gratis satu, khusus di acara Isra Festival 23 – 25 Desember 2022.  Dan itu menjadi efisiensi  untuk para jamaah atau travel agent yang ingin melakukan perjalanan ke Arab Saudi.

Dalam hal ini Garuda Indonesia menargetkan 5000 penumpang keberangkatan umrah selama Isra Festival 2022 berlangsung. “Kita generate dalam tiga hari ini mudah-mudahan tercapai,”tegasnya.

Isra Festival 2022 diikuti dua anchor tenant, yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Zurich Syariah. Menurut Ayun Kurniawan, Departement Head Haj and Umrah Ecosystem BSI, BSI sebagai bank syariah BUMN.  Seperti diketahui, bank ini merupakan penggabungan dari tiga perbankan, yaitu Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah dan BRI Syariah. Dengan bergabungnya ketiga bank ini, menjadikan BSI salah satu bank nasional yang terbesar di Indonesia  dan masuk peringkat ke-7 nasional, sehigga menjadi button line atau menjadi acuan sebagai perbankan syariah . Ke depan akan menjadi bank syariah global.

“Sebagai bank syariah kami mempunyai kewajiban untuk mendorong dan mendukung berkembangnya industri halal, khususnya industri wisata halal, bisa melalui umrah, haji dan destinasi lainnya yang dikembangkan oleh travel,” kata Ayun.

Menurutnya, untuk mendukung  kegiatan Isra Festival 2022,  BSI memberi dukungan berupa beberapa produk yang bisa dimanfaatkan oleh customer BSI. Diantaranya adalah customer yang sudah memiliki debet BSI langsung mendapatkan  diskon Rp 1,5 juta untuk keberangkatan umrah  setiap pembelian di Isra Festival 2022.

Kemudian bagi  pemegang  kartu Hasanah, bisa memanfaatkan dengan cicilan nol persen bunga sampai  dengan 12 bulan bila membeli paket umroh selama Isra Festival 2022 belangsung. “Jadi bisa pesan umroh dari sekarang  dan pembayaran bisa dicicil sampai setahun,” tambah Ayun.

“Untuk teman-teman yang ingin buka tabungan BSI, nggak perlu ke kantor. Cukup download dengan BSI mobile, sudah bisa membuka tabungan atau rekening BSI,,” lanjut Ayun.

Sementara, Hilman Simanjuntak CEO Zurich Syariah, perusahaan asuransi umum syariah  sudah melakukan spin off di tahun 2021 lalu. Walaupun  sebenarnya dari regulasi spin off bisa dilakukan tahun 2024, namun untuk menunjukan keseriusan  mengembangkan industri syariah,  Zurich melakukannya  lebih awal.  

Menurut Hilman, Zurich Syariah sudah merupakan entity  sendiri bukan, lagi menjadi unit usaha syariah dari Zurich Group.  Begitu spin off, misi yang diberikan kepada  Zurich Syariah adalah bagaimana  mengembangkan market syariah,  tetapi bagaimana mengembangkan market asuransi syariah secara keseluruhan. 

“Kami  menyadari bahwa untuk melakukan itu tidak bisa sendiri, tapi dibutuhkan kolaborasi dari sebuah pelaku industri  maupun pemangku kepentingan yang memiliki misi yang sama, yaitu ingin mengembangkan industri syariah  secara umum. Itu menjadi alasan kenapa Zurich Syariah berpartisipasi dalam ISRA Festival 2022. Keikutsertaan Zurich Syariah di sini karena ingin menunjukan bahwa kami ingin buktikan bahwa Zurich Syariah  mendukung pertumbuhan industri perjalanan syariah.  Khususnya perjalanan ibadah dan perjalanan wisata halal  secara keseluruhan,” kata Hilman .

Zurich Syariah di acara Isra Festival 2022  membuka booth  dengan menyediakan produk-produk unggulan seperti asuransi perjalanan syariah, asuransi kendaraan bermotor syariah, asuransi rumah tinggal syariah dan juga asuransi mikro demam berdarah syariah. Itu merupakan produk-produk yang sangat menarik dan akan sangat membantu masyarakat dalam memenej resiko masing-masing. [] Yuniman Taqwa/Siti Ruslina