Tata Pamer Baru Museum BI Diresmikan

Jakarta, 3 November 2018, pelakubisnis.com – Bank Indonesia BI menempatkan museum sebagai media komunikasi (communication tools) dalam setiap kebijakan yang telah dikeluarkan Bank Sentral ini. Beragam kebijakan BI dari masa ke masa divisualisasikan melalui tata pamer dengan menerapkan media teknologi yang interaktif sebagai sarana komunikasi, edukasi dan pembelajaran masyarakat.

Demikian disampaikan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Ardityaswara dalam peresmian tata pamer Museum Bank Indonesia untuk klaster kelembagaan dan kebijakan, dan klaster arsitektur gedung pada 02/11) di Jakarta.

Perkembangan museum di dunia saat ini begitu pesat sejalan dengan ekspektasi masyarakat khususnya generasi milenial yang merupakan mayoritas pengunjung museum, menginginkan museum yang adaptif terhadap perkembangan sosial dan teknologi. Sejalan dengan hal itu, pengembangan Museum BI diarahkan kepada tiga pilar. Pertama, tata pamer yang aktraktif dan interatif, melalui dukungan teknologi terkini dan tata pamer yang lebih komprehensif melalui penambahan materi sejarah kebijakan serta teknik tata pamer interaktif yang optimal. Kedua, memperkuat strategi komunikasi melalui penyelenggaraan kegiatan level nasional dan internasional di Museum BI bekerjasama dengan Pemerintah, institusi/komunitas nasional dan internasional. Terakhir, program edukasi publik melalui kegiatan edukasi publik yang smart, interaktif bekerjasama dengan stakeholders dan komunitas museum.

Pengembangan tata pamer museum BI dilakukan pada klaster kelembagaan dan kebijakan periode 2004-2011 dan 2012-2016, serta klaster arsitektur gedung merupakan wujud implementasi pilar I. Pengembangan tata pamer Museum BI pada kedua klaster tersebut

Untuk melihat tata pamer kedua klaster tersebut, masyarakat dapat mengunjungi museum Bank Indonesia yang terletak di Jl. Pintu Besar Utara No.3 Jakarta Barat, Indonesia dengan jam operasional sebagai berikut :

Waktu Kunjungan :

Selasa – Jumat : 08.00 – 15.30 WIB

Sabtu – Minggu : 08.00 – 16.00 WIB

Tur dengan Pemanduan :

Selasa – Minggu: 08:00, 10:00, dan 13:00 WIB[]*