Impor Solar Turun Rata-Rata 45 Persen Per Bulan

Jakarta, 13 Agustus 2019, pelakubisnis.com – Pelaksanaan mandatory Biodiesel 20 (B20) sejak setahun terakhir memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional. Realisasi B20 mencapai 97,5% dari rencana yang ditetapkan  tahun lalu.

Hal itu disampaikan Menko Perekonomian Darmin Nasution kepada wartawan usai menghadiri Rapat Terbatas Evaluasi Pelaksanaan Mandatori Biodiesel, di Kantor Presiden, Jakarta, pada 12/8 sore.

Sementara menurut Darmin pengujian  B30 yang dilakukan Kementerian ESDM akan tuntas pada akhir Agustus atau pertengahan September. Sejauh ini, dari pengujian sampai sekarang tidak ada masalah yang serius, sehingga diharapkan nanti per awal Januari itu B30 akan berjalan.

Menurut Darmin, sejumlah perusahaan besar kelapa sawit dan Pertamina itu sudah berkomitmen akan investasi secara besar-besaran dalam green diesel. Ia menyebutkan, ada yang mengatakan D100 atau B1 100. Direncanakan investasi dalam tiga tahun akan mencapai produksi 5 Juta kiloliter, D100 atau green diesel atau B100 atau D100 kalau D itu Diesel,” ungkap Darmin seraya menambahkan, pada tahun ke-7 akan produksinya sekurang-kurangnya 10 Juta kiloliter.

Ke depan, lanjut Menko Darmin, Indonesia bisa mengolah inputnya menjadi avtur, avturnya pesawat, dari Palm Kernel Oil.

Sementara Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengemukakan, dari hasil laporan Menteri ESDM dan Menko Perekonomian serta direksi Pertamina, ternyata penggunaan Biodiesel 20 (B20) menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan karena hampir 97% sudah termanfaatkan secara baik.

“Maka Bapak Presiden memutuskan mulai 1 Oktober untuk persiapan biodiesel 30 (B30), 1 Oktober tahun 2019 ini dan nanti akan efektif dijalankan pada bulan Januari tahun 2020,” kata Seskab kepada wartawan usai Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, pada 12/8 sore.

Presiden, lanjutnya, juga menekankan untuk persiapan selanjutnya pada akhir Desember tahun 2020 maka B50 sudah harus bisa dijalankan.

 Menko Perekonomian juga menyampaikan bahwa untuk B100, 3 tahun dari tahun 2018 seharusnya bisa dijalankan.[]HIM/RAH/ES/sp