CEO Tokopedia: UMKM Lemah daya Saing, Perlu Pelatihan

Jakarta, 4 November 2019, pelakubisnis.com – Sejumlah masalah yang dihadapi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMK). Diantaranya UMKM kita tidak memunyai daya saing. Sampai di luar negeri juga tidak mempunyai pasar yang jelas.

 

Demikian disampaikan CEO Tokopedia William Tanuwijaya saat bertemu dengan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki   di  Kantor Kementerian Koperasi dan UMKM, pada 4/11, di Jakarta.

Menurut William, untuk meningkatkan ekspor produk UMKM, pemerintah dan stakeholder mesti mendukung usaha masyarakat kecil dengan meningkatkan kualitas. Salah satu caranya dengan menggiatkan pelatihan bagi pelaku-pelaku UMKM.

Selain itu, UMKM perlu menguatkan produknya di dalam negeri. Sebab, berkaca dari merek-merek besar di dunia, kata William menyebut pengusaha yang berhasil di kancah internasional mayoritas memulai bisnis dari level UMKM lebih dulu. Baru setelahnya, mereka mampu memproduksi barang dalam skala besar atau menjadi industri.

Tak hanya soal ekspor dan impor, William menjelaskan masalah yang dihadapi UMKM ialah hilirisasi hingga perizinan. “Banyak sekali UMKM kita yang membuat produksi sendiri, tapi ketika mereka mau membuat produk tersebut berkala nasional, mereka terganjal izin,” ujarnya.

Ia menyatakan UMKM acap menunggu lama untuk mengantongi izin produksi. William menyebut, seusai bertemu Teten, entitasnya bersama Kementerian Koperasi dan UMKM akan menyepakati kerjasama.[] sp/foto: doc. Depkop