Pegadaian Gelar Lomba Karya Jurnalistik untuk Rekan Media

Jakarta, 21 Februari 2019, pelakubisnis.com  – PT Pegadaian (persero) akan menggelar kegiatan Lomba Karya Jurnalistik (tulis & foto) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-118 tahun. Kegiatan tersebut diselenggarakan, sebagai bentuk apresiasi kepada rekan media yang selama ini aktif dalam mempublikasikan dan memberikan infomasi kepada masyarakat mengenai perseroan.

Pada lomba jurnalistik ini, Pegadaian mengusung tema yang telah di tentukan, yaitu The Gade Era Baru. Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto mengungkapkan tema tersebut dipilih agar para rekan media dapat mengangkat nilai-nilai humanis dari Pegadaian serta informasi yang utuh kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

Seperti yang diketahui bahwa tema tersebut merupakan program dari PT Pegadaian (persero). Salah satunya The Gade Clean & Gold yang kini sedang digalakkan dan merupakan salah satu perwujudan dari program CSR (Corporate Social Responsibility) Pegadaian yang bertajuk Pegadaian Bersih-Bersih dari program Bersih Administrasi, Bersih Hati, dan Bersih Lingkungan sebagai bentuk kepedulian sosial perseroan kepada masyarakat.

Pegadaian Bersih-Bersih tersebut diimplementasikan melalui pembangunan bank sampah di banyak wilayah di Indonesia. Hingga saat ini telah ada 14 bank sampah yang dibangun oleh Pegadaian. Program Pegadaian Bersih-Bersih ini bertujuan untuk membuat masyarakat agar lebih sadar akan lingkungan, terutama terhadap sampah rumah tangga. Perlu diketahui bahwa produksi volume sampah di Indonesia mencapai angka 65,8 juta ton per tahunnya, 16% dari jumlah tersebut merupakan sampah plastik. Hal ini mengakibatkan Indonesia menjadi negara nomor dua sebagai pemasok sampah terbesar di dunia setelah Negara Tirai Bambu, Cina.

Selain Pegadaian Bersih-Bersih, Pegadaian juga sedang melakukan digitalisasi. Hal ini merupakan bentuk transformasi yang tengah dijalankan oleh Pegadaian dalam memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Era tersebut mendorong masyarakat dan perusahaan untuk beralih bisnis yang sifatnya konvensional menjadi lebih digital. Berkenaan dengan hal tersebut, Pegadaian meluncurkan sebuah produk digital yang diberi nama Pegadaian Digital Service (PDS). Program tersebut diusung melalui konsep G-Star Generation melalui strategi: Grow Core (menumbuhkan bisnis utama), Grab New (menangkap peluang baru), Groom Talent (mengembangkan talenta internal), Gen-Z Tech (teknologi generasi terkini), dan Great Culture (budaya perusahaan yang hebat).

Mengenai Ketentuan Lomba Jurnalistik

Bagi rekan media yang ingin mengikuti Lomba Karya Jurnalistik harus mengikuti beberapa ketentuan yang ditetapkan, sebagai berikut:

  1. Karya jurnalistik yang diikutsertakan dalam lomba sudah diterbitkan di media cetak atau online di media masing-masing dalam rentan waktu 16 Februari hingga 16 Maret 2019.
  2. Untuk pengiriman karya jurnalistik, dapat dikirimkan melalui email me alamat: finoza.putra@pegadaian.co.id dan toro@igico.id. Data peserta dituliskan pada body email dengan format nama, nomor ponsel, nama media, alamat email, dan akun media sosial.
  3. Peserta juga diwajibkan melampirkan bukti tayang dalam format Pdf, untuk penamaan sebagai contoh: artiket_nama wartawan_nama media_1.
  4. Tulisan asli dalam format word, peserta boleh mengirimkan karyanya lebih dari satu, setelah terbit di media cetak maupun daring (online). Karya tulis jurnalistik adalah hasil karya sendiri dan tidak menyadur karya orang lain.
  5. Artikel yang dimuat dan dilengkapi dengan foto dan atau infografis akan menjadi nilai tambah dalam penilaian juri.
  6. Publikasi mengenai lomba karya jurnalistik ini akan dilakukan melalui press release yang akan dipublikasikan melalui website dan akun-akun media sosial Pegadaian.[] sp