TSM Cibubur Bangkit Paska PPKM

Traffic customer Trans Studio Mall (TSM) Cibubur meningkat mencapai 80 persen pada tahun 2022. Diharapkan angka ini akan meningkat pada tahun 2023. Apa strateginya?

Boleh jadi semua lini bisnis terkena dampak pandemi Covid-19. Pusat-pusat perbelanjaan  pada enam bulan pertama pandemi Covid-10 ( tahun 2020) terpaksa ditutup karena kebijakan pemerintah. Baru kemudian kebijakan mulai longgar, tapi tetap masih berlangsung Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).  Sejak Agustus 2021 Pemerintah mulai melakukan pembukaan mall atau pusat pemberlanjaan secara gradual dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dan pengunjung dibatasi.

Fenomena itu tak jua mendorong pusat-pusat perbelanjaan bangkit kembali. “Pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai dampak negatif pada hampir semua kategori bisnis, tidak hanya bisnis ritel. Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis mall adalah salah satu yang paling terdampak,” kata General Manager PT Trans Cibubur Property (Trans Studio Mall Cibubur), Valentinus Siswandi   kepada pelakubisnis.com, akhirnya Januari 2023.

Menurutnya, pencabutan PPKM tentu  memberikan angin segar bagi pelaku bisnis pusat perbelanjaan. Dengan resmi dicabutnya PPKM dari pemerintah, para pengunjung akan lebih merasa safe dan secure untuk belanja, makan dan berwisata ke pusat belanja.

 “Di Trans Studio Mall (TSM) Cibubur,  sendiri perbaikan traffic customer sangat menggembirakan, dengan kembalinya lebih dari 80% dari jumlah pengunjung jika dibandingkan 2019 lalu, dan diharapkan akan lebih baik lagi di tahun 2023 ini,” katanya serius.

Lebih lanjut ditambahkan, manajemen TSM  selalu berbenah dan menjadi lebih baik dengan berbagai cara. Dari sisi tenancy, sejumlah tenant baru telah dibuka sejak tahun 2022. Seperti misalnya KKV, Bli – Bli Store, Huawei, dan beberapa restoran ternama seperti Pan & Co, yang dijamin menarik minat para pengunjung.

TSM Cibubur juga, kata Valentinus,   terus menyelenggarakan berbagai aktivitas seru untuk para pengunjung. “Beberapa event besar regular kami diantaranya adalah Trans Auto Show, Hijab Fest, Thematic Food Festival, event- event character, kompetisi anak dan event keluarga lainnya. Belum lagi pengunjung yang datang ke Trans Studio Cibubur Theme Park. Paling anyar, Trans Studio Cibubur telah membuka wahana I-Fly, dimana pengunjung dapat merasakan langsung bagaimana sensasi terjun payung,” papar alumni Unika Atma Jaya, Jakarta ini.

Selain itu,  TSM Cibubur ikut menyemarakkan  Tahun Baru Imlek 2023 dengan sejumlah agenda event tematik “Lunar Funtastic at Our Great Wall”  (19 Januari – 19 Februari seperti ada  Performance Show Karate, Chinese Dance Perform, Barongsai Tonggak, Barongsai Around the Mall dan lain-lain. Lalu ada Funtastic Games dan  beragam macam lomba. Sebut saja Lunar Fun Competition, Lato-Lato Competition. Kids Chinese, dan lain-lain.   

Ia menambahkan,  sebagai bagian dari CT Corpora, Trans Studio Mall dan Trans Studio Theme Park Cibubur merupakan venue diselenggarakannya beberapa konser K-POP Group, termasuk pada saat ulang tahun Trans Media dan event besar lainya dari CT Corp.

“Selain event, para pengunjung yang datang ke mall kami juga akan dimanjakan dengan penawaran – penawaran seru seperti diskon makan dari Bank Mega sampai dengan 30%, diskon belanja dan parkir 1 rupiah dari Allobank,” tandas mantan Marketing & Communication Manager Mall of Indonesia ini.

Di tahun 2022 kemarin, lanjutnya,  melihat bahwa semua indikator seperti jumlah pengunjung dan nilai transaksi belanja menunjukkan trend yang menggembirakan. Hal ini  tentu saja membuat para retailer semakin yakin untuk melakukan ekspansi. “Oleh karena itu, kami yakin dan optimis di tahun 2023 ini bisnis ritel dan mall khususnya akan bangkit lebih kuat dan menjadi lebih baik,” tambah Valentinus.

Walaupun  pada tahun 2023 pertumbuhan ekonomi diprakirakan akan berlanjut, tapi sedikit melambat ke titik tengah kisaran 4,5-5,3%, sejalan dengan menurunnya prospek pertumbuhan ekonomi global. Namun demikian, konsumsi rumah tangga diprakirakan akan tumbuh lebih tinggi sejalan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat paska penghapusan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kebijakan Masyarakat (PPKM).

Sementara sektor properti ritel  atau mall diprediksi kembali pulih hingga menguat pada tahun 2023 paska pencabutan  kebijakan PPKM. “Kami melihat ada kecenderungan sektor ritel pulih, terutama karena bisnis ritel sangat dipengaruhi oleh bagaimana aktivitas di dalam mal sendiri yang sekarang tidak dibatasi lagi,” ujar Head of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto, pada 4 Januari lalu.

Menurut Ferry,  pada 2020 lalu ketika PPKM dilonggarkan, ada peningkatan kunjungan di mall.  “Ini  salah satu yang membuat prospek tersebut akan lebih baik lagi pada tahun 2023, terbukti  dari sisi pengembang mereka sudah mulai ancang-ancang menaikkan harga sewa dan tentunya mereka  sudah mengukur kemampuan dari tenant atau retailer itu sendiri bagaimana tenant bisa mengakomodir kenaikan yang diterapkan,” kata dia. [] Siti Ruslina