Sensasi Nikmat Nasi Kapau Kramat Raya Senen

Jika anda berjalan-jalan di sekitar Pasar Senen Jakarta Pusat  dan  hendak ke arah Salemba dan Matraman, maka anda akan melewati  Jalan Kramat Raya.  Kalau melewati  Kramat Raya jangan lupa mampir ke Food Street Kramat.  Terlihat pemandangan yang menggiurkan  dan bikin perut lapar kalau lewat situ.

Sensasi menu nasi kapau Kramat Raya/Foto: pelakubisnis.com

Bagi yang membawa kendaraan roda empat, mungkin agak kesulitan mencari tempat parkir kalau sedang ramai-ramainya. Tapi kita bisa parkir di pinggir jalan atau memilih parkir di gedung-gedung yang berdekatan dengan area Food Street Kramat. 

Food Street Kramat adalah area  tempat makan nasi kapau.  Ada belasan warung makan nasi kapau kaki lima disitu yang menyajikan sekitar 30  jenis masakan khas nasi kapau.  Tak jarang orang menyebut “Nasi Kapau  Kramat Raya,  harga kali lima rasa bintang lima”. 

Sebenarnya apa bedanya warung nasi kapau dengan rumah makan Padang? Warung nasi kapau  merupakan ciri khas kuliner yang berasal dari Nagari Kapau, Bukittinggi, Sumatera Barat. Sedangkan nasi padang adalah  kulinernya orang minang pada umumnya.  Apa menunya beda?  Boleh jadi sama. Karena  nasi kapau dan nasi padang sama-sama  menyajikan sensasi kuliner yang kaya dengan rempah-rempah dan menghasilkan masakan yang gurih nikmat.

Gulai kapau yang khas dari nasi kapau/Foto: pelakubisnis.com

Beragam menu masakan minang disajikan. Dan hampir rata-rata selalu tersedia yang khas  dari nasi kapau yaitu gulai kapau yang berisi campuran sayuran cubadak (nangka), rebung, kacang panjang dan kol dalam kuah bersantan. Lalu   menu khas lainnya dari  nasi kapau seperti  gulai tambusu (usus sapi) yang diisi dengan olahan santan dengan telur dan tahu, rendang daka-daka dengan nangka yang diolah bersama bumbu rendang. Yang khas lainnya dari nasi kapau adalah  dendang balado dan  gulai ikan mas isi telur ikan. Selain menu inti yang menjadi ciri nasi kapau, di tempat ini juga disajikan panganan khas minang seperti  rendang daging, rendang paru, gulai kakap, gulai otak, gulai masin (ikan), gulai cumi, gulai ijo, dendeng batokok, belut goreng, gulai cincang, asam padeh, ayam pop dan lain-lain.

Selain menu  nasi kapau, di  tempat ini juga banyak uni dan uda yang menjual  kue-kue basah dan cemilan-cemilan   yang biasanya kita jumpai seperti di Pasar Bukittinggi.  Ada kue-kue basah seperti lamang baluo ( lemper isi kelapa dan gula merah), pinukuik,  lompong sagu, dan lupis ketan.  Ada pula cemilan seperti  keripik sanjay balado, karak kaliang, kerupuk jangek, dakak-dakak (singkong dipotong kecil-kecil), dan rakik maco. Yang tak kalah menjadi ciri dari  tempat makan nasi kapau ini adalah lamang yang berbahan dasar ketan dan dimasak dengan menggunakan medium bambu. Rasanya jangan ditanya, Lamak Bana..!!

Warung nasi kapau di tempat ini buka nulai pukul 12 siang sampai 11 malam.  Di bulan Ramadhan biasanya ramai pengunjung di sore hari hingga malam. Aneka jajanan khas minang menjadi teman berbuka puasa . Sementara lauk pauknya bisa kita bawa pulang  dan dihangatkan  untuk sahur.[] Siti Ruslina