4 Resep Nilai Ekonomis Ikan Bandeng

Selain kaya protein, ikan bandeng juga dapat menjadi peluang bisnis. Berbagai panganan dari bahan baku ikan ini patut dicoba!

Foto: Samudranesia.id

Ikan bandeng mengandung kalori, lemak, protein, fosfor, kalium, kalsium, zat besi, natrium, serta vitamin A, B1,B2. Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi.

Khasiat dari ikan bandeng dapat menjaga sistem daya tahan tubuh dengan zat besi dan vitamin yang dikandungnya. Apalagi pada kondisi cuaca yang tidak stabil di Indonesia akhir-akhir ini, masyarakat membutuhkan pertahanan imunitas yang lebih tinggi.

Anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan juga perlu mengonsumsi ikan bandeng ini. Omega-3, fosfor, kalium dan kalsium baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta perkembangan otak.

Bagi yang memiliki kolesterol, ikan bandeng mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan zat asam omega-3. Ikan bandeng juga sangat cocok untuk ibu hamil dan menyusui. Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan bandeng.

ikan ini  memiliki banyak duri , sehingga boleh jadi sebagian  dari kita berpikir dua kali mengonsumsinya. Namun demikian,  muncul berbagai produk olahan ikan bandeng, membuat  para penikmatnya bisa tetap mengonsumsinya tanpa perlu bersusah payah dengan duri-duri yang merepotkan.

Untuk menghindari hal itu, sehingga muncullah bandeng presto, otak-otak bandeng hingga bakso bandeng. Di sisi lain, olahan jenis ini bisa membuat ikan bandeng lebih awet. Sehingga ikan bandeng dapat memunculkan peluang bisnis dengan olahan yang cenderung tidak mudah basi ini.

Penggemar ikan bandeng sungguh sangat banyak. Berbagai produk olahan dari bahan dasar ikan bandeng pun bermunculan. Banyak contoh olahan dari ikan bandeng seperti pesmol bandeng, bandeng bumbu kuning, ikan bandeng goreng dan lain-lain.

Beberapa daerah menjadikan ikan bandeng sebagai salah satu oleh-oleh khas daerah tersebut. Salah satu daerah tersebut yaitu Sidoarjo. Nah, bagi anda yang ingin memulai berbisnis dengan olahan ikan bandeng, berikut ada beberapa olahan ikan bandeng yang bisa anda pertimbangkan.

Otak-Otak Bandeng

Olahan otak-otak bandeng merupakan salah satu cara agar durinya menjadi lunak. Cara pembuatannya yaitu dengan mengeluarkan seluruh isi ikan bandeng. Kemudian isi tersebut dijadikan otak-otak. Lebih detailnya bisa lihat resep berikut ini.

Otak-otak Bandeng/foto: youTube

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 1 ekor bandeng berukuran agak besar
  2. 100 gram tahu
  3. 1 butir telur
  4. 75 ml santan
  5. 2 sdm minyak goreng
  6. Daun pisang
  7. 8 siung bawang merah
  8. 3 siung bawang putih
  9. 2 cm ruas jahe
  10. 2 cm ruas kunyit
  11. ½ sdm ketumbar bubuk
  12. ¼ sdt jintan sangria
  13. 1 cm lengkuas
  14. 1¾ sdt garam
  15. 2 sdt gula pasir

Cara membuat:

  1. Siangi bandeng, buang sisik dan siripnya. Bersihkan bagian insang dan kotoran di dalam perutnya. Cuci bersih lalu pukul-pukul badan ikan agar dagingnya terlepas dari kulit.
  2. Tekuk tulang ekor ke arah kepala hingga tulang tengahnya patah. Keluarkan tulang tengahnya melalui kepala.
  3. Keluarkan daging ikan menggunakan sendok, sisihkan kulitnya. Sangrai sebentar daging ikan hingga agak hancur dan duri-durinya tampak. Buang duri yang terlihat.
  4. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum, angkat. Campur bumbu bersama daging ikan, tahu, santan, dan telur kocok.
  5. Setelah itu masukkan adonan isi pada kulit ikan melalui lubang leher hingga penuh, rapatkan kepalanya. Bungkus rapat dengan daun pisang.
  6. Kemudian kukus adonan selama 15–20 menit hingga matang. Serta olesi badan ikan dengan bahan olesan.
  7. Kemudian panggang ikan dalam oven, lalu oleskan bahan olesan beberapa kali sampai habis. Panggang kembali hingga matang dan permukaannya mengering. Angkat, dinginkan, potong-potong.

Pempek Bandeng

Foto: sajiansedap.grid.id

Selanjutnya yaitu makanan yang khas dari Sumatra Selatan. Pempek memang biasa dibuat dengan menggunakan daging ikan dan disantap dengan cuko. Kali ini kita akan membuat pempek bandeng menggunakan resep di bawah ini.

Bahan Pempek Bandeng :

  1. 2 ekor ikan bandeng presto
  2. 100 gram tepung terigu
  3. 400 gram tepung tapioca
  4. 2 butir telur
  5. 4 siung bawang putih
  6. Garam
  7. Kaldu jamur
  8. Air

Bahan cuko :

  1. 2 siung Bawang putih
  2. 6 buah Cabe rawit
  3. 4 buah cabe merah
  4. Gula aren
  5. Asam jawa
  6. Garam
  7. Kaldu jamur
  8. Gula pasir
  9. Air

Cara memasak:

  1. Haluskan ikan bandeng dengan blender , chopper atau garpu. Masukkan bawang putih halus, telur, garam dan kaldu jamur.
  2. Setelah rata pindahkan pada baskom, uleni dengan tepung terigu dan tepung tapioka.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit air, uleni terus hingga kalis.
  4. Panaskan air pada panci untuk merebus adonan pempek, setelah mendidih masukkan pempek yang telah dibentuk, tunggu sampai mengapung.
  5. Sambil menunggu pempek direbus, siapkan untuk kuah cukonya.
  6. Haluskan bawang putih dan cabai, masukkan pada air mendidih tambahkan gula aren, asam jawa garam, kaldu jamur dan gula pasir sesuai selera. Masak hingga mendidih.
  7. Angkat adonan pempek yang sudah mengapung iris sesuai selera kemudian goreng pada minyak panas.
  8. Angkat sajikan dengan tambahan irisan mentimun, siram dengan kuah cuko. Siap dinikmati.

Bandeng Presto

Olahan ikan bandeng yang satu ini sebenarnya bertujuan untuk melunakkan duri-drui pada ikan bandeng. Dengan duri yang lunak, duri yang banyak tak lagi terasa dan dapat menyatu dengan daging. Akan tetapi, proses pemasakan ini membuat bagian tubuh lain dari bandeng juga menjadi lunak. Sehingga untuk memasak bandeng presto ini agak tricky.

Bandeng presto/foto: YouTube

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. 1 kg ikan bandeng
  2. 6 siung bawang putih
  3. 1 sdm ketumbar
  4. 1 ruas kunyit
  5. 1 ruas jahe
  6. 15 lembar daun salam
  7. 20 lembar daun jeruk
  8. 2 batang serai
  9. 1 sdm garam
  10. Air

Cara memasak :

  1. Bersihkan ikan bandeng (tidak perlu dibuang sisiknya), buang insang, isi perut, dan kulit hitam yang ada di perut. Cuci hingga bersih.
  2. Potong-potong sesuai selera.
  3. Ulek halus bawang putih, ketumbar, jahe, dan kunyit.
  4. Tata daun salam, daun jeruk, serai, laos geprek, dan ikan bandeng ke dalam panci presto.
  5. Masukkan garam dan air sampai batas atas ikan, tutup panci presto.
  6. Masak selama 1 jam.
  7. Setelah 1 jam, dinginkan panic. Setelah itu panci baru boleh dibuka.
  8. Bandeng presto bisa diangkat dan siap disajikan

Bakso Bandeng

Bagi pecinta bakso sudah seharusnya mencoba olaha ikan bandeng yang satu ini. Bakso bandeng ini mirip dengan bakso ikan yang lainnya. Makanan ini bisa disantap dengan pendamping tahu, siomay dan kuah.

Bakso ikan bandeng/foto: ist

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 500 gram ikan bandeng fillet
  2. 5 sdm tepung tapioca
  3. 2/3 sdt garam
  4. ½ sdt merica bubuk
  5. 1 butir putih telur
  6. ¼ sdt gula
  7. Air es
  8. Bawang putih

Cara memasak:

  1. Campurkan ikan yang sudah dihaluskan dengan bumbu halus dan beri tambahan gula, merica, dan garam.
  2. Terakhir tambahkan putih telur dan tepung tapioka, aduk rata.
  3. Adonan tidak terlalu basah dan tidak terlalu kalis, bentuknya masih seperti hasil gilingan ikan.
  4. Dengan bantuan 2 buah sendok, bentuk bulat-bulat bakso, dan masukkan kedalam air mendidih.
  5. Tunggu bakso mengapung dan matang, lakukan berulang-ulang sampai adonan habis.
  6. Siap dipakai untuk tambahan berbagai masakan.

Sistem Promosi yang Tepat

Setelah membuat produk yang akan dipasarkan, langkah selanjutnya yaitu melakukan promosi. Promosi diperlukan agar produk dikenal banyak orang dan semakin banyak yang membeli produk tersebut. Banyak langkah yang dapat dilakukan agar promosi bisa berjalan dengan maksimal. Beberapa strategi berikut bisa anda lakukan agar produk laku keras di pasaran.

Tentukan Target Pasar

Sebelum memasarkan produk anda, perlu ditentukan target pasar yang anda kehendaki. Target pasar bisa berupa range usia, domisili dan tingkat ekonomi. Untuk olahan bandeng sendiri bisa dijadikan produk oleh-oleh seperti di Sidoarjo dan Semarang. Namun, bisa juga untuk makan di tempat. Sesuaikan wilayah pemasaran anda dengan jumlah peminat ikan bandeng. Akan semakin sesuai apabila di lingkungan anda terdapat peminat ikan bandeng.

Membuat Iklan Produk

Iklan sedikit banyak mampu mengenalkan produk ke masyarakat luas. Setelah menentukan target pasar, anda bisa menentukan cara pengiklanan mana yang paling efektif.

Iklan dengan menggunakan perangkat komunikasi bisa dimulai dengan membuat desain yang ciamik untuk produk anda. Secara psikologis manusia lebih tertarik kepada gambar yang berwarna-warni dibandingkan dengan teks. Maka, anda bisa memotret produk anda dengan latar belakang yang menarik, dan mepromosikannya lewat social media. Selain itu, manfaatkan promo pada masa-masa tertentu agar semakin banyak masyarakat yang tertarik. Biasanya promo di awal pemasaran cukup efektif untuk mengenalkan produk olahan bandeng anda.

Demikian ulasan tentang ikan bandeng yang bisa menjadi peluang bisnis jangka panjang anda. Sampai saat ini peminat ikan bandeng kian bertambah. Tinggal anda yang mengambil peluang ini atau tidak. Selamat berbisnis.[] Karolina Eka Yulianti